Progam Citarum Harum, LPM UGJ Tanam 2000 Pohon Kelor

Kerjasama dalam bidang pengabdian terhadap masyarkat dilakukan Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon, dalam bentuk penanaman 2000 bibit pohon kelor, di Desa Cigugur Kecamatan Pusakajaya, Kabupaten Subang (14/11/2019). Kerjasama ini dirajut dalam rangka keikutsertaan UGJ mensukseskan program Citarum Harum.

Kepala Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) UGJ Harmono SH., M.H mengatakan, penanaman 2000 pohon kelor ini program pengabdian masyarakat yang dilakukan sivitas akademika UGJ ini merupakan bentuk dukungan untuk mensukseskan program Presiden Joko Widodo yakni Citarum Harum.

 “Bingkainya Tri Dharma perguruan tinggi, nah kalau perguruan tinggi yang di Bandung itu rata-rata konsentrasinya di wilayah hulu. Sedang kami dari Cirebon yang ada timur, terlalu jauh kalau ke Bandung, maka kami memilih Cigugur karena Cigugur ini masuk DAS Citarum, DAS Anak Sungai Citarum,” kata Harmono ketika diwawancarai Pasundan Ekspres.

Harmono menambahkan, UGJ menyampaikan terimakasih atas kesediaan Pemdes Cigugur untuk dijadikan lokasi pengabdian LPM UGJ dalam program Citarum ini. Dengan pemberian bibit pohon kelor ini, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi warga di Desa Cigugur serta sungai secara khusus.

“Kita pilih pohon kelor atau daun kelor ini karena khasiatnya itu banyak, dalam penelitian juga ada banyak sekali manfaat pohon ini, juga ramah lingkungan. Nah kita berikan untuk di tanam disepanjang Sungai yang ada di Cigugur, Seperti Kali Sewo” katanya.

Menurut Harmono, sebelum kegiatan penanaman pohon kelor, dilakukan pendandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Lembaga Pengabdian UGJ dan Kepala Desa Cigugur, dalam bidang pengabdian terhadap masyarakat. “ Ke depan akan terus tejalin kerjasama melalui aktivitas program yang berkelanjutan,” tambah Harmono.

Acara ini juga dihadiri Wakil Rektor III UGJ Dr. Ipik Permana S.IP.,M.Si para dosen pembimbing, dan anggota organisasi kemahasiswaan yakni DPM dan BEM. Mereka berbaur bersama warga dan aparatur Pemerintah Desa Cigugur dalam penanaman pohon kelor.

 

INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU

Universitas Swadaya Gunung Jati --> klik disini

Informasi Kontak

Universitas Swadaya Gunung Jati
Jln. Pemuda No. 32, Cirebon Jawa Barat 45132, Indonesia
+62 231 206558
humas@ugj.ac.id, humasugj@gmail.com