Batik Trusmi Pilihan Fashion Masa Kini

Batik Trusmi Pilihan Fashion Masa Kini

Tidak lengkap rasanya berwisata ke Cirebon tanpa mengunjungi Kampung Batik di  Sentra Batik Trusmi Cirebon, Jawa Barat, yang menawarkan berbagai oleh–oleh cantik untuk di bawa ke kampung halaman.

Kampung Batik Trusmi Cirebon, cukup menarik untuk anda kunjungi. Letak geografisnya yang berada tepat di tepi jalur pantura, semakin memudahkan kendaraan wisatawan untuk singgah mencari buah tangan berupa kain batik yang memiliki corak berbeda dengan produsen batik di kota lain. 

Ada banyak motif batik yang bisa anda bawa pulang di Kampung Batik Trusmi ini. Btik Trusmi Cirebon tak pernah kehabisan ide untuk menyesuaikan permintaan pasar. Yang paling terkenal adalah motif batik mega mendung, corak dan warnanya terkenal menjadi pilihan dan kebanggan nusantara. 

Sejumlah motif lainnya mulai motif lirih, pring sedapur, pecutan,  serutan, tanahan dan dan motif legenda menjadi motif yang juga digandrungi dan dicari para pecinta batik. Selain karena motifnya yang cantik dan menarik, kualitas bahan dan warna yang lembut penjadi salah satu alasan para pecinta batik memburu kain batik Trusmi. 

Setiap batik yang dihasilkan, dikerjakan para pengrajin dengan waktu tiga hari sampai satu bulan lamanya, tergantung motif dan tingkat kesulitannya. Batik khas Trusmi telah menembus pasar mancanegara ke sejumlah negara di Asia dan Eropa. Mengenakan kain batik, bahkan menjadi pilihan fashion masa kini untuk membuat penampilan lebih percaya diri.  

Berbagai pakaian berbahan kain batik kini sudah bisa anda bawa, sebagai oleh – oleh untuk keluarga dikampung halaman, ataupun hadiah bagi kerabat di luar kota. 

Beberapa perpaduan kain batik dengan berbagai warna dan motif ini bisa menjadi referensi oleh – oleh. Tak perlu khawatir, semua barang yang dijual di sentra batik Trusmi ini dibandrol dengan harga variatif.

Di kampung batik Trusmi, terdapat puluhan sentra showroom batik. Ratusan warga di kampung Trusmi ini memiliki prpofesi yang sama yakni perajin dan pedagang batik.