Ketua Yayasan Resmikan Gedung Perpustakaan UGJ

Ketua Yayasan Resmikan Gedung Perpustakaan UGJ

Kamis, 27 Agustus 2020 Gedung Perpustakaan Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon yang memiliki lima lantai, diresmikan oleh Ketua Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati (PSGJ) di halaman Kampus 1 Jl. Pemuda. Hadir pada acara tersebut Ketua Yayasan PSGJ beserta jajaran, Pembina Yayasan PSGJ, Pengawas Yayasan PSGJ, Rektor UGJ, para Wakil Rektor, para Kepala Lembaga, dan Badan, para Dekan dan Direktur Sekolah Pascasarjana.


Kualitas Perguruan Tinggi tidak dapat diraih peringkatnya, peningkatan kualitasnya, apabila sarana dan prasarananya tidak dipenuhi. Perpustakaan merupakan salah satu jantung dari terselenggaranya Tri Dharma Perguruan Tinggi di Universitas. Meski kini perpustakaan tidak hanya yang berwujud fisik buku-buku, saat ini ada juga e-library. Jutaan buku sudah dapat diakses oleh mahasiswa, baik yang gratis maupun berbayar. E-book juga sudah banyak yang bisa diakses, didownload oleh para mahasiswa, dosen dan sivitas akademika. Namun sarana buku fisik juga sangat signifikan untuk fasilitasi kepada para mahasiswa dalam rangka menimba ilmu, dalam rangka melengkapi keilmuannya. Baik untuk menyusun tugas-tugas, menyusun skripsi, atau dalam rangka memperdalam bidang keilmuan yang digelutinya.


Saat ini pun, Yayasan PSGJ sedang membangun gedung demi kepentingan Fakultas Kedokteran. Dan bukan hanya gedung perpustakaan yang telah selesai, tetapi renovasi pengembangan gedung auditorium pun telah selesai. “Kami sangat bersyukur kepada Allah SWT karena ridho-Nya, dan karena izin-Nya kita UGJ dapat terus meningkatkan kinerja,dan dapat terus meningkatkan performanya dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pada 17 Agustus yang lalu, Kemendikbud telah mengumumkan klasterisasi dan pemeringkatan Perguruan Tinggi versi Kemendikbud. Pada tahun yang lalu kita di perngkat 140, saat ini Alhamdulillah kita naik ke peringkat 119 dan berada pada klaster ke-3. Oleh karena itu, patut kita syukuri sinergitas, kekompakkan sampai dengan hari ini tetap dapat kita pertahankan dan kita tingkatkan. Itu semua, tentu karena ridho Allah SWT dan karena binaan, arahan dari Pak Ketua Yayasan, para Pembina yayasan yang sangat cinta dengan peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi di UGJ. Saya haturkan terimakasih yang tidak terhingga kepada Ketua Yayasan beserta jajaran, para Pembina dan para pengawas Yayasan PSGJ, kami tidak ingin mengecewakan dan kami berjanji akan memanfaatkan, menggunakan, dan mengoptimalisasikan pemanfaatan kampus atau gedung ini sebaik-baiknya. Oleh karena itu, pengelola perpustakaan harus membuat kreatifitas dan inovaasi sehingga para dosen, para mahasiswa dan sivitas akademika senang berkunjung ke perpustakaan. Mari kita ramaikan perpustakaan kita dengan tingkat kunjungan yang maksimal.” Ujar Rektor UGJ Dr. H. Mukarto Siswoyo, Drs., M.Si dalam sambutannya.


Rektor UGJ juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran di UGJ, unsur pimpinan di middle managernya, maupun seluruh sivitas tenaga kependidikannya yang telah bekerjasama, bekerja bersama, bekerja keras untuk mewujudkan menjadi Perguruan Tinggi yang berkualitas. Juga terima kasih kepada seluruh pimpinan di Fakultas, baik para Dekan maupun Direktur Sekolah Pascasarjana, serta seluruh jajaran Wakil Dekan dan seluruh tenaga kependidikan. Karena kalau bukan karena kerja mereka maka UGJ tidak menjadi apa-apa. Kalau bukan karena kerja bersama dan sinergitas bersama antara Universitas dan Yayasan PSGJ, UGJ tidak akan menjadi apa-apa.