Cirebon Waterland Ade Irma Suryani Objek Wisata Cirebon yang Instagramable

Cirebon Waterland Ade Irma Suryani Objek Wisata Cirebon yang Instagramable

Rekreasi ke Cirebon tak lengkap jika tidak mengunjungi destinasi andalan kota udang ini. Adalah Cirebon Waterland Ade Irma Suryani, tempat yang kini ramai dipadati wisatawan. Cirebon Waterland merupakan tempat rekreasi yang memiliki luas area 3 hektar. Objek wisata yang menjadi asset pemerintah Kota Cirebon ini memberi pengalaman liburan yang menarik. 


Ketika memasuki kawasan tersebut, pemadangan yang pertama kali terlihat adalah kolam renang dengan berbagai wahana, seperti waterboom, kolam arus, air mancur, perahu bebek dan lain-lain. 


Suasana laut dan dermaga di Cirebon Waterland memang sangat kental. Tak heran, jika restoran pun dibuat seunik mungkin mengikuti tema yang diambil dari nama pelaut China, Cheng Ho. Bahkan staf restoran pun didandani seperti nakhoda dan awak kapalnya. Restoran ini pun sangat cocok bagi pengunjung yang suka berfoto. Pemandangan kapal ini menghadap langsung ke laut utara Jawa. Disisi-sisinya, terdapat dermaga yang menampilkan pemandangan laut yang mempesona. Keindahan pemandangan disekitar restoran membuat wisatawan tak luput mengabadikan momen.


Bagi pengunjung dari luar kota, tak perlu susah mencari penginapan. Di Cirebon Waterland Ade Irma Suryani, tersedia penginapan berkonsep rumah apung. Disebut demikian karena letaknya yang berdiri kokoh di atas laut. Untuk mencapai penginapan, pengunjung harus melalui dermaga panjang yang juga cocok untuk berfoto. Istimewanya, pengunjung dapat menikmati panorama matahari terbit langsung dari balkon. 


Konsep wisata di Cirebon Waterland Ade Irma Suryani terbilang lengkap. Bisa dibilang, tempat ini menyediakan area wisata terpadu. Selain kolam renang, ada wahana lainnya yang patut diacungi jempol. Khusus area bermain anak, water park ini menyediakan arena pasir putih. Dengan suasana bak di pantai, anak-anak dibebaskan bereksplorasi membuat istana. Atau naik ke miniatur kapal yang terbuat dari kayu melalui tangga serta jembatan rintangan.


Dahulu, Cirebon Waterland dikenal dengan nama Taman Traffic Garden Cirebon. Tapi, setelah tahun 1966, namanya berubah menjadi Taman Ade Irma Suryani Nasution dan menjadi satu-satunya taman rekreasi di wilayah Cirebon. Karena kurang menarik, jumlah pengunjung yang datang terus menurun. Untuk mengatasi hal itu, pemerintah setempat memutuskan untuk meronavasi dan mengubahnya menjadi wahana wisata terpadu. Mulai tahun 2014, objek wisata itu dikembangkan menjadi Cirebon Waterland dan diresmikan pada tahun 2015 lalu. Sekarang kondisinya jauh lebih baik dan selalu dibanjiri pengunjung, terutama di hari libur. Semua wahana juga telah diperbarui, konsepnya dirombak dan berdirilah Waterland yang disenangi masyarakat. Beragam wahana permainan air siap menghibur pengunjung. Baik untuk anak maupun dewasa, jadi sangat tepat sebagai tujuan wisata keluarga.