UGJ Terus Tingkatkan Kualitas dengan Workshop Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan

UGJ Terus Tingkatkan Kualitas dengan Workshop Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan

Rabu, 23 September 2020 Badan Penjaminan Mutu dan Pengawasan Internal (BPMPI) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon menyelenggarakan Workshop ISO 21001:2018 Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan (SMOP) di ruang rapat lantai 3 Kampus I UGJ. Acara ini dihadiri oleh para Wakil Rektor, para Kepala Lembaga dan Badan, para Kepala Program Studi (Kaprodi), para Unit Penjaminan Mutu Fakultas (UPMF) dan para pimpinan UGJ.

Workshop yang diikuti 30 orang peserta ini bertujuan untuk memenuhi semua tuntutan borang Perguruan Tinggi yang ada agar Perguruan Tinggi terakreditasi sesuai dengan harapan dan target yang sudah ditentukan. Targetnya untuk mendapatkan akreditasi A bagi Program Studi (Prodi) yang ada di UGJ, merupakan salah satu syarat Perguruan Tinggi terakreditasi A adalah Prodinya juga memperoleh akreditasi A. sampai saat ini sudah 7 Prodi di lingkungan UGJ yang mendapatkan peringkat A, dan dalam waktu dekat Magister Ilmu Administrasi juga akan mengadakan asesmen lapangan pada tanggal 5 dan 6 Oktober 2020. Disusul lagi Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia S1 yang akan mengadakan asesmen lapangan pada tanggal 14 – 15 Oktober 2020. Ditambah lagi prestasi yang diraih oleh UGJ dari sisi ISO sudah internasional. Branding internasional sudah ada dan itu sangat mendukung kepada akreditasi maupun pemeringkatan.  

Dr. H. Jaja, Drs., M.Hum selaku Wakil Rektor I yang mewakili Rektor UGJ dalam sambutannya menyampaikan workshop ini merupakan momen yang sangat penting dan berharga, dalam rangka meningkatkan kinerja kita lebih baik lagi, guna memperoleh akreditasi dan pemeringkatan yang lebih baik lagi. Pemeringkatan UGJ menurut Kemenristek berada pada 119 Perguruan Tinggi terbaik. Tahun depan agar UGJ menjadi peringkat 100, bahkan kalau bisa peringkat 50. Dengan ini tidak membuat UGJ terlena, tetapi harus memacu diri agar peringkat itu menjadi lebih baik lagi.

“Kami berpesan kepada Prodi dan Unit-unitnya yang hadir. Ikutilah kegiatan workshop ini dengan baik, pahami, lakukan apa yang harus dilakukan, kembangkan apa yang harus dikembangkan sehingga UGJ menjadi lebih unggul lagi. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama bergandengan tangan untuk membesarkan UGJ” ujarnya.

Beliau juga menambahkan akan ada 7 orang mahasiswa dari Spanyol untuk menempuh pendidikan di negara kita. Mudah-mudahan ini dapat terwujud, sehingga kedatangan mahasiswa asing di kita akan menjadi daya tambah untuk mahasiswa asing lainnya sebagai motivasi untuk datang ke UGJ.