LPM UGJ/Unswagati Berikan Bantuan Produk Teknologi di Desa Muara

LPM UGJ/Unswagati Berikan Bantuan Produk Teknologi di Desa Muara

Sabtu, 14 November 2020 Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ/Unswagati) Cirebon, bersama Kemenristek dan BRIN melalui program hibah teknologi memberikan bantuan produk teknologi, yang dapat mengubah limbah cangkang kerang hijau menjadi sesuatu yang bermanfaat dan bernilai tinggi, di kampung nelayan Desa Muara Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon.

Acara ini dihadiri Kasubid Balai Riset Inovasi Nasional, Kepala LPM UGJ, Muspika dan para Kuwu sertaBPD seKecamatan Suranenggala.

Potensi luar biasa Desa Muara sebagai salah satu daerah penghasil kerang hijau, memiliki kendala dalam mengelola limbah dalam setiap kerang hijau yang dihasilkan. Dalam hal ini LPM UGJ mempunyai kepedulian melalui bantuan hibah produk teknologi yang diberikan. Serta Rektor UGJ yang terus memotifasi seluruh dosen untuk melakukan penelitian hingga berkontribusi nyata bagi masyarakat Cirebon.

Kepala LPM UGJ Harmono, SH., MH menjelaskan, bantuan ini merupakan bentuk nyata kepedulian pihaknya agar potensi ekonomi yang dimiliki Desa Muara dapat berbanding lurus dengan kesejahteraan masyarakat tanpa terganggu dengan persoalan limbah kulit kerang.

UGJ mempunyai kepedulian dalam menyelesaikan masalah masyarakat Desa Muara dari limbah kulit kerang hijau, dengan memberikan sentuhan inovasi dengan mengajukan pengusulan ke Kemenristek dan disetujui. Desa Muara ini mendapat bantuan seperangkat alat untuk pemecah kulit kerang hijau, yang hasilnya bisa dimanfaatkan diantaranya untuk pellet atau pakan ikan.

Latifah selaku Kuwu Desa Muara menyampaikan teknologi yang diterima berupa alat penghancur, pencampur dan pencetak pellet yang di dalamnya mengolah limbah cangkang kerang hijau agar dapat bermanfaat dan bernilai tinggi, sehingga hasilnya dapat dinikmati seluruh masyarakat di desanya.

“diharapkan potensi Desa Muara dapat terus berkembang dan pelestarian lingkungan dapat terjaga. Serta dikemudian hari pengolahan limbah cangkang kerang hijau menjadi palet/pakan ikan dapat dimanfaaatkan oleh petambak udang dan bandeng” tutupnya.