Masa Depan Karir Dosen UGJ

Masa Depan Karir Dosen UGJ

Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ/Unswagati) Cirebon, dalam meningkatkan kualitas para dosen mengadakan workshop peningkatan karir dosen di lingkungan UGJ dengan tema “Masa Depan Dosen di Perguruan Tinggi Swasta” Jumat, 27 Nov 2020 di Auditorium Kampus 1.

Acara ini dihadiri oleh Rektor, para Wakil Rektor, Para Kepala Lembaga dan Badan, para Dekan Fakultas dan Direktur Pascasarjana di lingkungan UGJ. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 170 orang dosen dengan jabatan fungsional lektor dan lektor kepala maksimal lebih dari 2 tahun.

Rektor UGJ Dr. H. Mukarto Siswoyo, Drs., M.Si menyampaikan dalam sambutannya Merdeka Belajar Kampus Merdeka, merupakan kebijakan dan program dari  Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2020. Oleh karena itu, UGJ harus menjadi karakter unggul serta menciptakan budaya akademik kolaboratif dan kompetitif.

Hadir pada kesempatan tersebut Dr. H. Mohammad Sofwan Effendi, M.Ed selaku Direktur Sumber Daya Ditjen Dikti Kemendikbud RI sebagai narasumber. Pada kesempatan tersebut Sofwan menyampaikan dosen sebagai penggerak dalam kebijakan dan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), karena itu peningkatan kualitas dosen sangat diperlukan dalam program MBKM ini. Dosen dan mahasiswa harus saling berinisiatif dalam hal magang/praktek kerja, proyek di desa, mengajar di sekolah, pertukaran pelajar, penelitian, wirausaha, proyek independen, proyek kemanusiaan dan wajib militer.

 “Dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka perlu peningkatan kualitas dosen diantaranya karir dosen yang terdiri dari jabatan fungsional dosen, kepangkatan dosen, sertifikat dosen dan beban kerja dosen, serta kualifikasi dosen dan kompetensi dosen. Tentunya seiring dengan peningkatan sarana prasarana dari Perguruan tinggi seperti penguatan infrastruktur standar Dikti, pemenuhan infrastruktur dasar pelaksanaan Tri Dharma dan peningkatan infrastruktur Perguruan Tinggi kelas dunia” ungkapnya.

“Inti dasar capaian pendidikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yakni mencetak lulusan yang memiliki spiritualitas, nilai-nilai kehidupan, pengetahuan, keterampilan, sikap mental dan etika profesi. Karena tiga tujuan utama program MBKM itu ialah lulusan lebih mudah mendapatkan pekerjaan dan penghasilan layak, dosen lebih mengerti kebutuhan masyarakat dan industri, serta kurikuklum lebih mengasah keterampilan kolaborasi dan pemecahan masalah” jelasnya.