HUT Kab. Cirebon : UGJ Mendorong Inovasi Daerah untuk Terus Berkembang

HUT Kab. Cirebon : UGJ Mendorong Inovasi Daerah untuk Terus Berkembang

 

UGJ NEWS  - Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon mengikuti kegiatan Cirebon Inovasi Festival yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Cirebon yang diselenggarakan pada Rabu (8/5/24).

 

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Cirebon, adapun tujuan dari kegiatan Cirebon Inovasi Festival sebagai sarana mempromosikan inovasi dan kreativitas masyarakat Cirebon.

 

Selain itu, Universitas Swadaya Gunung Jati sebagai lembaga pendidikan tinggi ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, adapun inovasi yang dibuat oleh UGJ diantaranya U Coffe U life (Kopi), Scandle Lilin Aromaterapi, Agromol Bonggol Pisang, Artisan Soap by Minamind (Sabun Herbal), El Comar Hidroponics Farm (Sayuran Hidroponik), Smart heart attack detector system (Teknologi Pendeteksi Detak Jantung), Sistem pengairan irigasi tenaga matahari (SI PITEM).

 

 

Dalam wawancaranya, Dr. Kartono, SE., MM menyampaikan bahwa UGJ selalu memberikan ruang kepada para Dosen dan Mahasiswa untuk terus berinovasi, sehingga hasilnya bisa dirasakan dan dimanfaatkan oleh Masyarakat umum.

 

"Allhamdullillah, dalam kegiatan ini UGJ hadir bersama masyarakat dalam mengembangkan inovasi yang dibuat oleh kolaborasi antara dosen dan mahasiswa" Ujarnya.

 

Diharapkan dengan UGJ ikut serta berkontribusi dalam kegiatan ini dapat menjadi memberikan motivasi kepada Masyarakat untuk terus berinovasi, selain itu, kolaborasi antara Perguruan Tinggi (UGJ) dengan pemerintah kabupaten Cirebon dapat terjalin dengan lebih baik lagi" tambahnya.

 

Cirebon Inovasi Festival merupakan tahun pertama dilaksanakan oleh Bapelitbangda Kab. Cirebon yang diharapkan dapat dijadikan wadah bagi masyarakat untuk mempertunjukkan ide-ide kreatif dan innovatif mereka, selain itu, festival ini juga diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk mengembangkan inovasi dan kreativitas di wilayah ini". Ujarnya

 

Acara ini merupakan platform yang ideal bagi para perintis inovasi dalam berbagai bidang untuk mendapatkan apresiasi dan perhatian sekaligus memperluas jaringan dan peluang bisnis mereka.

 

Dalam kegiatan yang berlangsung sehari ini, para inovator dan pencipta karya dari seluruh Cirebon tampil dalam berbagai aktivitas yang telah dipersiapkan oleh Bapelitbangda, termasuk ajang pameran inovasi, festival musik dan tari, pertunjukan seni kreatif dan teknologi terbaru. Selain itu, para profesional di bidang inovasi dan teknologi juga akan memberikan presentasi tentang pengembangan inovasi terkini dan teknologi terbaru yang dapat membantu pengembangan kreativitas.

 

 

Hal ini selaras dengan pemaparan dari Kepala Bapelitbangda Kabupaten Cirebon, Dangi, S.SI., Tut., MSC menyampaikan bahwa kegiatan ini terdiri dari booth-booth dan pelayanan yang ditampilikan.

 

 "Kegiatan ini merupakan langkah awal dalam membangun kreativitas dan inovasi masyarakat sekaligus menjadi ajang pembelajaran bagi para inovator untuk memperbaiki produk mereka dan menjadi produk yang lebih baik di pasar. Terdapat booth pameran inovasi, hutan bersinar, Workshop, pagelaran musik, dan pelayanan-pelayanan dari dinas kabupaten Cirebon”ujarnya

 

"Cirebon Inovasi Festival telah mencapai hasil yang signifikan dan menjadi ajang pameran inovasi terbesar di Cirebon, yang terbuka bagi semua kalangan. Festival ini juga menjadi ajang tempat bertemunya inovator dan investor sehingga menghasilkan peluang kerja baru dan menciptakan enterpreneur muda" Pungkasnya.