Hadir di Forum JWG, UGJ Jalin Kerjasama dengan Sejumlah Universitas di Prancis


Kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan kebudayaan terus dilakukan Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon, melalui ajang The Second (2nd) High Level Meeting on STHE Cooperation & The 11th Joint Working Group on HERIE di Auditorium Prof DR H Baharuddin Lopa SH Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Makassar, Kamis (31/10).

Suatu kebanggaan, UGJ Cirebon salah satu peserta dalam forum antar universitas di Indonesia yang memiliki kerjasama dengan univseritas di Prancis tersebut. Kegiatan ini dihadiri Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek)/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). 

Rektor Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Dr.H. Mukarto Siswoyo Drs., M.Si mengaku bangga UGJ menjadi salah satu peserta dalam kegiatan Joint Working Group Indonesia-Prancis 2019. "Sebuah kehormatan kami menjadi peserta dalam kegiatan kerjasama internasional ini. UGJ sangat terbuka dan mampu untuk berkolaborasi dalam riset dan inovasi," kata Mukarto. 

Menurutnya, implementasi kerjasama yang ditawarkan UGJ Cirebon berupa program bisa berupa student exchange, professor exchange lecture dan joint research collaboration. Salah satunya adalah program kerjasama yang ditawarkan UGJ Cirebon dengan Université de La Rochelle (ULR) Perancis dalam bentuk program Pendidikan Bahasa Indonesia. 

"Sudah tujuh tahun kita jalin kerjasama dengan University of Poitiers Prancis, dan kini dengan Universitas La Rochelle. Kita berkomunikasi langsung dengan Rektor Université de La Rochelle Prof. Jean-Marc Ogier pada forum Joint Working Group. Prinsipnya kami bersepakat menjalin kerjasama. Mudah-mudahan dalam waktu dekat akan dilakukan penandatanganan MoU," tambah Mukarto.   

Sementara itu, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang Brodjonegoro mengapresiasi pertemuan ini, untuk membangun kerja sama pendidikan tinggi, riset, inovasi dan entrepreneurship yang selama ini sudah terjalin.

“Sangat penting menjaga kolaborasi antara dua negara, Indonesia-Perancis. Indonesia sangat berkomitmen dalam kolaborasi ini. Saya yakin bisa lebih baik dan lebih kuat ke depan,” harapnya.

Lebih jauh, Menteri Bambang mendorong kerja sama dalam bidang entrepreneurship. Menurutnya, kualitas riset yang tinggi akan menjadikan produk-produk inovasi yang kompetitif, agar bisa bersaing di pasar global. 

“Kenapa produk kita tidak kompetitif dalam pasar global, karena tidak adanya inovasi. Tidak cukup inovasi, karena inovasi ini lahir dari hasil riset yang berkualitas. Saya harap pertemuan ini mendapatkan nilai dan diaplikasikan dalam produk kita agar bisa kompetitif,” ujarnya.

Dalam acara tersebut hadir Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Muhamad Dimyati, Dirjen Penguatan Inovasi Jumain Appe, Kepala Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik Nada DS Marsudi, Ka Puspiptek Sri Setiawati, Direktur Bunyamin Maftuh, Direktur Pengabdian Masyarakat Ocky Karna Rajasa, Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.AColonel Arwin Datumaya AI Expert TNI AU, sejumlah delegasi, akademisi dan peneliti dari kedua negara.#


INFORMASI MAHASISWA BARU

Penerimaan Mahasiswa Baru

Informasi Kontak

Universitas Swadaya Gunung Jati
Jln. Pemuda No. 32, Cirebon Jawa Barat 45132, Indonesia
+62 231 206558
humas@ugj.ac.id, humasugj@gmail.com